Select Menu
Select Menu

Favourite

Artikel

Opini

Tokoh

Cerpen

Humor

Tips

Seni Budaya

Gallery

» » » Najwa Shihab Ajak Mahasiswa Tingkatkan Minat Membaca


alawysyihab 00.00 0



Sarang- Sebagai negara dengan jumlah penduduk terbesar ke 4, Indonesia masih tergolong sebagai negara dengan minat baca yang bisa di bilang sangat rendah. Dalam acara Talk Show yang bertajuk Catatan Najwa pada Sabtu (15/04) di STAI Al Anwar Sarang, Najwa Shihab yang merupakan duta baca Indonesia. Mengajak kepada seluruh  masyarakat Indonesia khususnya peserta Talk Show untuk lebih gemar mambaca.
 Mbak Nana sapaan akrab Najwa Shihab mengatakan Dalam sebuah survei tahun 2016  minta baca anak-anak Indonesia menduduki urutan ke 60 dari 61 negara dengan peresentase 0,001 . Masih berada satu tingkat di atas negara Bostwana dan tertinggal jauh dengan negara tetatangga Singapura.
“ Dari sebuah survei yang ada minta baca anak-anak Indonesia setiap tahunnya hanya  0,001%. Masih tertinggal jauh dari negara tetangga Singapura di mana, rata-rata  masyarakatnya bisa menghabiskan 17 buku untuk dibaca.” Terang Mbak Nana.
Beliau juga mengatakan sebenarnya yang menjadi probelem rendahnya minta baca di Indonesia bukannya anak-anaknya melainkan fasilitas yang ada. Sepeti  apa yang terjadi di Papua ada mantan atlet angkat besi, yang setiap harinya naik turun gunung membawa noken (tas khas Papua) yang di dalamnya berisikan buku-buku. Di sana anak-anaknya pun sangat antusias untuk membaca.
“ Bukan anak-anaknya akan tetapi fasilitas yang ada, yang belum bisa memenuhi kebutuhan mereka dalam membaca. Ibuh Mbak Nana.
Di penghujung acara beliau berpesan kepada seluruh peserta talk show,  sebagai duta baca kita harus bersama-sama meningkatkan minat baca buku, karena kita dapat mengetahui banyak hal dari itu. (vita)

«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar

Leave a Reply