Select Menu
Select Menu

Favourite

Artikel

Opini

Tokoh

Cerpen

Humor

Tips

Seni Budaya

Gallery

» » LOMBA KARYA TULIS ILMIAH STAI AL ANWAR


Unknown 00.02 0

PANDUAN
LOMBA KARYA TULIS ILMIAH
SE-STAI AL ANWAR
       I.            SIFAT TULISAN
1.      Karya tulis merupakan hasil karya penulis/tim sendiri, bukan merupakan hasil terjemahan atau plagiasi.
2.       Konten karya boleh mengambil bahasan dari karya yang telah dilombakan atau dipublikasikan dengan ketentuan harus ada pengubahan dan inovasi yang menjadi titik pembeda dengan karya sebelumnya.
3.      Karya dapat mengacu pada karya dan atau pemikiran ulama (kitab-kitab), dan sumber literatur mutakhir yang berkembang saat ini (buku, jurnal ilmiah, dan sumber lainnya).
4.      Karya tulis dapat berupa hasil telaah pustaka maupun penelitian.
5.      Penulisan dilakukan secara sistematis dan logis dengan penggunaan bahasa Indonesia yang baik dan benar.
    II.            KETENTUAN PESERTA
1.      Peserta  lomba  beragama  Islam dan berstatus mahasiswa STAI Al Anwar.
2.      Peserta dapat berupa perorangan atau kelompok 2-3 orang.
3.      Peserta hanya diperbolehkan mengirimkan 1 karya tulis ilmiah.
4.      Peserta hanya diperbolehkan menjadi ketua pada satu karya tulis.
 III.            KETENTUAN UMUM PERLOMBAAN
1.    Setiap peserta wajib mengisi formulir pendaftaran yang telah di sediakan panitia.
2.    Pendaftran dibuka mulia tanggal 14 April 2015 hingga 4 Mei 2015.
3.    Biaya pendaftaran 10.000/karya (sudah termasuk cetak karya tulis ilmiah 3 copy). Pembayaran bisa langsung kesekretariat atau lewat kordinator acara.
4.    Peserta wajib mengirimkan softcopy dengan format word (.doc atau .docx) atau Pdf. Kesekertariatan atau @mail: gardapena100@gmail.com.
5.    Karya tulis ilmiah yang diikutsertakan dalam perlombaan akan menjadi milik Lembaga Pers Mahasiswa (LPM) Garda Pena dengan  tetap  menyertakan nama penulisnya sebagai pemilik hak cipta dalam setiap pemublikasian.

6.    Konfirmasi kesiapan menjadi finalis adalah maksimal dua hari setelah pengumuman    finalis. Jika dalam dua hari tersebut peserta tidak melakukan konfirmasi atau   menyatakan ketidak siapannya untuk mempresentasikan karyanya, maka peserta     dengan nilai tertinggi setelahnya secara langsung menjadi finalis pengganti peserta tersebut.
7.    Ketentuan yang belum tercantum di atas akan diatur oleh panitia dikemudian hari.
 IV.            TAHAP SELEKSI LKTI
Seleksi Lomba Karya Tulis Ilmiah dilaksanakan oleh dewan juri dengan tahap seleksi sebagai berikut:
1.      Tahap I (Seleksi Karya Tulis Ilmiah)
Karya tulis ilmiah yang diajukan dalam bentuk softcopy akan diseleksi oleh dewan   juri   yang   telah   ditentukan   panitia.   Dalam   tahapan   ini   akan dipilih maksimal 10 besar karya tulis terbaik yang akan diumumkan maksimal pada  tanggal 5 Mei  2015 pukul  14:00  WIB untuk  mengikuti  tahap  grand final.
2.      Tahap II (Grand Final)
Peserta   yang   lolos   pada   tahapan   seleksi   Karya   Tulis   Ilmiah   akan diinformasikan panitia tanggal 5 Mei 2015.
    V.            KETENTUAN TEKNIS PENULISAN
1.      Karya  yang  diikutsertakan  adalah  karya  asli  peserta  yang  belum  pernah
dipublikasikan atau diikutsertakan dalam lomba lain (dibuktikan dengan surat keterangan  keaslian  karya  pada  bagian  kelengkapan  administratif/setelah lembar pengesahan).
2.      Karya    ditulis    mengikuti    sistematika    penulisan    sesuai    kriteria    yang tercantum dalam Buku  Pedoman ini.
3.      Bahasa  Indonesia  yang  digunakan  hendaknya  baku  dengan  tata  bahasa dan ejaan yang disempurnakan, sederhana, dan jelas.
4.      Bagian     kelengkapan     administratif     yang     meliputi     halaman     judul, nama/daftar anggota  kelompok,  karya diberi  nomor  halaman  menggunakan  angka  Romawi  kecil dan  diketik  di sebelah kanan bawah (i, ii, dan seterusnya).
5.      Bagian    Utama    karya    yang    meliputi    ringkasan,    pendahuluan,    dan seterusnya diberi nomor halaman menggunakan angka arab yang dimulai dengan nomor halaman 1 (satu) dan diketik di sebelah kanan atas.
6.      Mencantumkan sumber pustaka pada karya.
7.      Karya yang ditulis wajib mengikuti ketentuan di bawah ini :
a.       Font         : Times New Roman
b.      Ukuran     : 12 pt
c.       Spasi        : 1,5
d.      Kertas      : A4
e.       Margin     : Kiri 4 cm, kanan 3 cm, atas 3 cm, dan bawah 3 cm
f.       Jumlah   Halaman   maksimum   yang   diperkenankan   adalah   15   (lima belas halaman) (tidak termasuk bagian kelengkapan administratif, daftar pustaka, dan lampiran)
8.      Struktur Penulisan:
A.    Cover
B.     Ringkasan (Abstrak)
C.      Pendahuluan
D.    Pembahasan
E.      Penutup
F.      Daftar Pustaka
G.    Lampiran (foto/table) jika ada.



9.      System penjurian penilaian makalah :
Komponen
Bobot
Format penulisan
Tata tulis, ukuran kertas, kerapian ketik, tata letak, jumlah halaman. Penggunaan  Bahasa  Indonesia  yang  baik  dan benar,   Penuturan harus logis, tidak menjiplak (Plagiasi) dari tulisan lain;
15 %
Kreatifitas gagasan:
Kreatif, inovatif dan bermanfaat. Keaslian gagasan Kejelasan pengungkapan ide, sistematika pengungkapan ide
45 %
Topik yang dikemukakan:
Kesesuaian judul dengan tema, topik yang dipilih dan isi karya tulis Aktualitas topik dan fokus bahasan yang dipilih.
20 %
Data dan sumber informasi:
Relevansi  data  dan  informasi  yang diacu dengan uraian tulisan. Keakuratan  dan  integritas  data  dan  informasi Kemampuan  menghubungkan  berbagai  data  dan informasi. Sumber informasi   harus berasal dari   Jurnal, Seminar, Buku atau Handbook. Cara   melakukan   sitasi   harus   benar.   Ada kesesuaian dengan isi dan daftar  referensi. Referensi tidak berasal dari blog.
20 %
Total Skor
100 %
Nilai Makalah
40 %





10.  Penilaian presentasi (khusus finalis)
Komponen
Bobot
Sesi Presentasi
Materi/sistematika isi presentasi (runtut,
membingungkan,ada daftar  isi presentasi) Cara   penyampaian   materi   (suara   kurang jelas/keras,
keruntutan dan sebagainya).
Kualitas  grafis  file  presentasi. (word  saja, gambar saja, word & gambar seimbang) Referensi   yang   dipakai   (ada,   tidak,   sitasi lengkap, mutakhir, lama).
Waktu   presentasi   (terlalu   lama,   tepat waktu, bertele- tele)
40 %
Sesi Tanya – Jawab
Cara   menjawab   pertanyaan   (sikap   terhadap penanya, kesantunan, penampilan)
Keakuratan    jawaban    yang    diberikan    (tidak    jelas, membingungkan, runtut, logis)
Detail jawaban yang  diberikan  (pendek, langsung  pada masalah, dengan  contoh  & detail, panjang)
40 %
Presentasi Keseluruhan
Kemampuan/pemahaman   untuk   menyampaikan   topic yang dipresentasikan
Penampilan   saat   presentasi      (kerapian),   kekompakan group, gaya penyampaian.
20 %
Total Skor
100 %
Nilai Presentasi
60 %





 VI.            KETENTUAN KHUSUS
Aturan Presentasi (khusus finalis)
1.      Peserta harus memberikan soft file presentasi kepada panitia lomba maksimal dua hari sebelum final dimulai.
2.      Slide dibuat dalam Microsoft Power Point 2010 atau versi sebelumnya. Juga diperbolehkan menggunakan Microsoft Power Point 2013.
3.      Diperkenankan untuk membuat slide presentasi semenarik mungkin.
4.      Isi slide presentasi karya bisa berupa : teks, gambar, film, animasi, atau suara
5.      Peserta  diperbolehkan  untuk  menggunakan  alat  bantu  pointer  (baik  laser pointer ataupun control pointer) dalam presentasi.
6.      Panitia menyediakan tim operator  selama  presentasi,  namun  diperbolehkan apabila operator ingin langsung oleh peserta sendiri.
7.      Peserta  diperbolehkan  menggunakan  alat  peraga  untuk  membantu menjelaskan karya kepada dewan juri. Alat peraga peserta sepenuhnya merupakan tanggung jawab peserta itu sendiri.
Masing-masing  peserta  diberi  waktu    presentasi  maksimal  10  menit  dan 10 menit tanya jawab.

LOMBA KARYA TULIS ILMIAH STAI AL ANWAR

«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar

Leave a Reply