Select Menu
Select Menu

Favourite

Artikel

Opini

Tokoh

Cerpen

Humor

Tips

Seni Budaya

Gallery

» » PESANTREN ADALAH PENJARA SUCI- By Hanana Faza


Jospy Arloji 08.19 0

Hasil gambar
PESANTREN ADALAH PENJARA SUCI
Oleh : Hanana Faza

Banyak orang beranggapan pesantren adalah tempat dimana ilmu itu akan menjadi barokah apabila orang itu mampu mengikuti segala yang diajarkan oleh gurub dan para kyai juga masyayikh. Atau pernah juga ada orang yang berpendapat bahwa jika orang itu bodoh akan tetapi dia rela mengabdi di pesantren, memberikan dirinya untuk ikut menjadi seorang yang setiap hari hanya melayani pesantren dan ikhlas, orang itu akan menjadi sukses kedepannya. Didalam pesantren ada banyak keajaiban yang mungkin itu bias dianggap luar biasa bagi saya, yang baru merasakan pesantren.

            Baru tiga tahun, akan tetapi sudah merubah hidup saya. Jika adayang beranggapan bahwa pesantren adalah penjara suci menurut saya itu salah dan tidak pantas dijadikan sebagai slogan atau semacamnya. Guru saya pernah memberikan pendapat mengenai hal itu. Kata guru saya “ orang yang beranggapan bahwa pesantren itu adalah penjara suci itu berdosa karena pesantren itu bukan kurungan yang didalamnya terdapat orang yang bersalah dan tak punya muka dimasyarakat, tetapi pesantren adalah tempat untuk mencari ridha Allah SWT dengan ilmu yang membuat dirinya dapat mencapai derajat tinggi dihadapan Allah SWT.  Semoga Allah selalu mengiringi jalan bagi hambanya yang menuntut ilmu, amin.

«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar

Leave a Reply